Sabtu, 21 Januari 2012

Curhatku:Pontang-Panting ‘hunting’ Buku Manusia Setengah Salmon



Ya hari ini aku mau cerita hal yang berkenaan dengan hal di atas (genteng? Bukan maksudnya judul).
Pagi itu aku udah niat mau servis motor trus abis itu cabut ke Gramedia Jalan Sudirman untuk beli bukunya si Raditya Dika yang akhir Desember kemarin keluar dengan judul Manusia Setengah Salmon. Sebenarnya aku sudah lama dengan buku-buku beliau (sorry Bang, aku panggil beliau biar kelihatan senior banget). Mungkin karena katanya lucu, idenya kreatif, dan ceritanya jujur (walaupun ditambah bumbu humor, dicampur irisan lebay, an dimasak dengan tulisan yang gaul) jadi aku tertarik.
Nah, kembali ke kegiatan sebelumnya, servis motor. Jupe biruku tersayang yang sering aku tunggangin tiap hari (sering aku bisa sebut dengan “aku bisa tiap hari naik Jupe atau peluk si Jupe kapanpun”) lagi rewel karena dia gak pernah bilang “udah kenyang” kalo aku isiin bensin (baca:indikator bensinnya rusak). Aku mikir kalo nih Jupe aku bawa ke bengkel biasa, pasti suku cadangnya udah gak ada (maklum, motor 2005), jadi aku bawa aja ke Yamaha Mlati. Jam setengah 9 aku langsung ke sana dan langsung mengeluh ke meja penerimaan tamu. Adegannya kayak di ruang dokter.
A:Aku
M:Mbak-mbak manis penjaga meja tamu/suster cantik
Percakapan:
M:Mari, Mas ada yang saya bantu?
A:Iya Mbak, gini si Jupe itu lagi sakit.
M:Gejalanya?
A:Gejalanya cuma dia itu selalu gak mau ngaku dia sudah lapar atau belum dan juga kalau sudah saya kasih makan (isi bensin) dia juga gak bilang “sudah kenyang”.
M:Oh, mungkin itu syaraf perutnya (indikator bensin) rusak, Mas.
A:Oh gitu. Kira-kira kalo operasi (ganti suku cadang) berapa Mbak?
M:Mhmm..70 ribu Mas. (Huft, paling gak masih bisa ngirit n ada uang sisa lebih buat beli bukunya si Radit)
A:Oke deh. Si Jupe langsung dioperasi juga gak apa-apa.
Aku pun harus sabar dan rela karena Jupeku akan dijamah-jamah sama dokter lain (baca:mekanik). Aku nunggu lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa buanget. Sampai ngantuk aku. Tapi tiba-tiba mekaniknya nyamperin aku dan ngajak ngeliat kondisi Jupe.
Jupe sedang tertidur nyaman karena obat bius mekanik. Dan mekanik pun menunjukkan organ dalam Jupe.
“Mas, banyak yang harus dioperasi ternyata.” Mekanik menunjukkan beberapa yang rusak. Rem depan udah abis, rem blakang juga, saringan udara juga udah gak layak...
Aaaargh! Tidak! Kalau gak aku ganti bisa celaka di jalan, tapi kalo diganti duitku ngepas banget.
Setelah mikir-mikir akhirnya aku terpaksa ganti semua kerusakan dan hanya beberapa lembar uang yang tersisa di dompet (minimal bisa dapet Manusia Setengah Salmon). Dan melanjutkan kesabaranku menunggu.
Setengah jam kemudian Jupe jalan keluar dari ruang operasi (ruang servis). Sebelum aku pakai, Jupe dimandiin dulu ama orang-orang di Yamaha (enak juga dapat cuci gratis). Ya rela gak rela sih kalau si Jupe dimandiin orang, mau gimana lagi aku udah capek mandiin Jupe. Bosen cuy! Sambil nunggu kelar aku pun bayar semua biayanya yang membengkak (persis membengkaknya kaki kalo abis nendang pintu kost) sampai 240k! Nasib *elus-elus dada.
Jam udah nunjukkin pukul 1 siang dan karena takut kehujanan, aku pun langsung minta antar Jupe ke Gramedia Sudirman. Ngomong-ngomong kalo sekarang namanya Gramedia Sudirman, mungkin dulu namanya waktu masih baru Gramedia Sudirboy dong? *lhoh? Garuk2 kepala.
Ok, kembali ke benang merah. Waktu cepat-cepat mau sampai di Gramedia, aku lihat indikator aku menunjuk ke arah EMPTY *mulai panik. Aku ingat-ingat di dompet cuma ada uang buat beli buku. TIDAAAAAK. Tapi tekadku harus dapet buku si Radit hari ini. Aku nekat!
Jreeeeng.. Sampai di Gramedia. Aku langsung parkir didahului dengan minta karcis dan tukang parkirnya selalu bilang “jangan dikunci stang ya Mas”. *Iya-iya ngerti.
Pas mau masuk ada poster-poster buku yang terbit. Salah satunya poster buku-bukunya si Radith termasuk buku baru dia yang aku buru (emang babi hutan aku buru? Adanya sih Babi Ngesot buku dia). Dengan menggebu-gebu aku langsung nyari satu per satu buku dia di rak “novel” dan “cerita “remaja”. Udah setengah jam nyari tapi gak ketemu juga. Pas lagi lihat “Buku Laris” salah satunya di sana ada buku Marmut Merah Jambu-nya si Radith. Nah, ketemu juga (salah satu) buku dia. Tapi yang aku cari bukan yang itu. Ya sama-sama menarik sih sebenarnya, tapi berhubung Marmut Merah Jambu itu bercerita (katanya) tentang kisah-kisah si Radit waktu merasakan cinta aku jadi takut ikut galau.
Next, perburuan dilanjutkan. Aku menuju ke komputer pencari buku yang emang biasa disediakan di sana. Aku ketik aja “r.a.d.i.t....” baru ngetik segitu udah pada keluar gambar-gambar bukunya. Aku lihat cuma ada 3 buku dia yang gak kosong, yang Cinta Brontosaurus abis, Babi Ngesot juga abis, yang masih ada tuh Marmut Merah Jambu ada 30 buku, Kambing Jantan 20 buku, dan Manusia Setengah Salmon 15 buku. YESSS!! Berarti masih sisa yang Manusia Setengah Salmon.
Aku semangat puter-puter lagi seGramedia. Tapi udah satu jam tetap gak ketemu. Akhirnya aku tanya yang jaga.
“Mas, bukunya Raditya masih ada tidak?”
“Ada, itu Marmut Merah Jambu,” katanya sambil nunjuk ke tumpukan BUKU LARIS tadi.
“Bukan itu yang saya cari (saya takut ikut galau), tapi yang Manusia Setengah Salmon.”
“Wah, itu udah abis Mas.”
“Tapi tadi (kata) komputer ada stok 15 ekor.”
“Maaf Mas, itu pesanan semua. Kemarin datang 2 kardus tapi langsung abis dalam sehari (hebat).” *tepuk jidat dan bergumam 'kalo pesenan kenapa ditulis!'.
Akhirnya aku gak punya daya apa-apa. “Gak mungkin aku udah capek-capek ke sini dengan hal yang sia-sia”. AHA! Toh aku masih penasaran juga sama buku KAMBINJANTANnya si Radit. Jadi aku cek lagi di komputer. MASIH ADA!
Aku cek lagi di bagian novel. Tapi tetep aja gak ada!
Aku mulai merenung..merenung..dan merenung.
Dan sadar! Ya ampun! Jangan-jangan buku Kambing Jantan emang ada di rak dengan judul “TERNAK” seperti cerita si Radit waktu standup di youtube. Aku pun berlari ke tumpukkan rak TERNAK, dan mencari. Tetep gak ada!
Lagi-lagi aku harus samperin yang jaga tadi dan tanya Kambing Jantan itu ada dimana. Akhirnya dia ngajak aku ke rak NOVEL. Fiuh, ku kira beneran di rak TERNAK.
“Ini Mas bukunya,” kata dia menujuk ke tumpukkan buku di lantai. Pantesan tadi gak ada, lha wong di lantai gitu numpuknya. (Buat Radit, mungkin cerita bukumu digeletakin di lantai sudah dua kali ini terjadi, dan maaf aku gak sempet kerokin buku kamu itu, pasti masih pada masuk angin sekarang)
Akhirnya aku ambil satu buku Kambing Jantan dan jalan ke kasir untuk bayar. Waktu mau bayar yang jaga tadi bilang “gak sekalian Marmut Merah Jambunya Mas? Daripada gak ada yang Manusia Setengah Salmon.”
Aku mikir-mikir sebentar, trus akhirnya aku ambil sekalian Marmut’nya Radit (bukunya).
Pas bayar aku iseng-iseng tanya ke kasir.
“Hmm, Mbak bukunya Radit yang Manusia Setengah Salmon itu pesenan semua ya?”
“Iya. Tapi kalo Bapak (ini gak salah tulis dan baca karena aku dateng dengan kumis dan jenggot yang belum aku cukur) mau, di Gramedia Ambarukmo Plasa masih ada 20 di sana Pak,” kata Mbaknya sambil menyerahkan buku yang aku bayar.
YAAAAAAAH! Telat MBAK! Duit didompet cuma tinggal 2000. 1000 buat bayar parkir yang 1000 buat beri gorengan untuk makan siang! Mana motor gak ada bensin lagi.
Paling gak aku udah dapat bukunya si Radit langsung dua. Kambing Jantan (katanya sih lucu aku baru mulai baca) dan Marmut Merah Jambu (katanya sih bikin galau *buat pembaca blog ini kalo aku 2 minggu ke depan nggak update berarti aki ikut-ikutan galau setelah baca Marmutnya si Radit.
Oke Radit! Aku akan nabung dulu dan akan memburu Salmon-mu itu lagi. Doakan si Jupe gak sakit, biar uangku gak habis lagi.
Bye..aku mau baca buku yang ku peroleh dengan perjuangan kemarin.
-SEKIAN-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar