Kamis, 26 Januari 2012

Perjalanan ke Dieng:MENEMBUS HUJAN BADAI

Hai,jumpa lagi di postingan baruku di Blog ini.
Huft, masih pegel nih rasanya punggung ama tanganku. Mau tau kenapa?
Soalnya kemarin (Rabu 25 Januari 2012) aku ama teman-teman KKN ke Dieng untuk ngurus surat. Lumayan jauh sih, dan perjalanan terasa begitu dingiiiiiiin dan berangin.
Ehem, ceritanya gini. Kan kelompok KKNku butuh surat persetujuan dari Kades dan Camat yang akan kami KKNin(kata yang aneh bukan?). Nah, akhirnya perwakilan dari kami berangkat deh ke Dieng, tepatnya ke Karang Tengah.
Pagi-pagi aku udah siap-siap nih, mandi, masak, sarapan, manasin motor, berangkat deh (yang pasti udah berpakaian). Janjiannya sih jam 8 pagi di Lembah UGM. Sampai di sana udah ada si Rayfan nagkring di motor Suzuki Satrianya, nungguin.
Waktu udah sampai dia langsung bilang “yang ke Dieng cuma kita berempat Nes.”
“Oke.” Ya maklum, ini hari libur kami jadi teman-teman yang lain pada pulang kampung. Dan aku? Rumah di Jogja, ya udah di rumah aja deh.
Trus jam setengah 9 si Desti datang. Langsung deh tancap ke Dieng. Tunggu... Baru 3 orang. Aku, Rayfan, dan Desti. Kurang 1! Ya, kita sambil perjalanan ke Dieng sekalian jemput si Septi di Magelang, karena rumahnya sana.
Sebelum menuju ke Magelang motor kami kelaparan, ya udah di kasih makan (bensin) dulu deh (mulai dari nol ya?!). Setelah FULL kami pun langsung capsus(ciing) jemput si Septi di Magelang.
Setengah jam kemudian sampai di tempat Septi dan akhirnya, BERANGKAAAAT. Ke Dieng via jalur Purworejo.
Haha..jalannya keren, berliku-liku, berkelok-kelok, naik-turun, dan tambah lagi jalannya pada longsor separo (ngeriii).
Kita istirahat dulu di alun-alun Wonosobo (istirahatin pantat n pinggang, capek cint!). Nongkrong ya kira-kira 15 menitlah. Trus lanjut ke Dieng deh. Tapi berhubung motor si Rayfan mau abis bensinnya, ya udah kita mampir di SPBU dulu.
Setelah FULL TANK, lanjuuut.
Jalan naik dan berkelok mulai kerasa. Semilir angin mulai berhembus, dingin, dan indah pemandangan terlihat waktu naik. Tapi kok lama-lama jadi.....
DINGIIIIIN! Sumpah, kita sampai menggigil abis waktu perjalanan sampai ke Dieng. Si Septi ampe lihat termometer di tasku, 20°C!
Gerimis mulai menyapa kami, menambah dinginnya perjalanan. Dan yang bikin kami kaget adalah, ANGINNYA..KENCEEEEENG BUANGEEET.
Ampe kalo pas anginnya berhembus, naik motornya miring-miring kena terjangan angin. Tau gaya orang naik Vespa yang nangkringnya miring? Like that lah.
Anginnya mungkin 160km/jam kali yah? Whehehe..Cepet amiir..
Tanganku sudah kerasa bekuuuu banget. Susah buat ngeGas. Akhirnya si Septi minjemin aku kaos kakinya, eh salah, kaos tangannya maksudnya biar tanganku gak beku. Sedikit membantulah pokoknya (thanks atas kaos tangannya).
Setelah berjam-jam akhirnya kami sampai juga dan langsung mencari rumahnya Kepala Desa Karang Tengah.
Kami pun disambut dengan hangat (dengan ramah maksudnya, bukan dengan kompor). Kami pun ngobrol-ngobrol dulu tentang maksud kami ke sana dan alasan apa aja yang ingin kami sampaikan. Dan kebetulan di sana sedang ada juga Kepala Dusun lainnya dan Sekdes juga.
Tau gak? Waktu ngobrol sama Kades, anginnya di luar tuh masih kenceeeeeng buanget. Ampe seng-seng atap rumah pada bunyi (kabarnya ada yang ampe lepas n terbang, sayang aku gak liat terbangnya, pasti keren). Whehehe..
Karena sering kaget dengar suara itu, lalu Kadesnya bilang “gak apa-apa Mas, di sini sudah biasa. Apalagi pas imlek tuh selalu angin kencang). What? Atas dasar apa menganalogikan kalo angin kencang itu dengan Imlek? Apa gara-gara ini tahun Naga yah? Ada naga lewat gitu dan anginnya kencang?
Oke, misi pertamapun selesai dan dapat tanda tangan dari Kades. Selanjutnya ke kantor Kecamatan Batur. Pas tanya jalannya seperti ini.
Rayfan: Maaf Pak, mau tanya kalo jalan ke Kecamatan tuh mana yah?
Kades: Oh anda keluar dari sini aja ke jalan raya trus ikutin jalannya. Kira-kira 10 km.
WHAAT?!*biasa aja kale.
Tapi bayangin aja, dalam radius 10km adalah 1 Kecamatan. Yang ku tau, Kecamatan Muntilan, Magelang aja kayaknya gak nyampe 5 kilo deh.
Dan setelah liat wilayahnya aku ngerti. Bayangin aja tempat berbukit-bukit gitu dan peradaban (kota) terpisah-pisah, mana mungkin cuma dibagi dalam radius kecil.
Sebelum berangkat kami mampir di masjid dulu untuk sholat dhuhur karena jam sudah menunjuk ke pukul 12.30 WID (Waktu Indonesia Dieng).
Kami pun melanjutkan perjalanan dan berperang dengan angin lagi. Miring-miring naik motornya lagi. Dan ditambah dengan terpaksa pakai jas hujan (pepatah “sedia payung sebelum hujan” gak mempan di sini, bayangin aja. Kamu mau naik motor pakai payung? Whehehe).
Dan setengah jam lebih kami harus melewati badai (keris patih) ini, sampai ke kecamatan.
Pas udah sampai..Lhoh?! Kok tutup?
Kami pun ketuk2 pintu, tapi gak ada sahutan. Kemana yah??
Karena kami belum makan siang, akhirnya pergi ke depan kecamatan makan bakso urat (syaraf). Pas mau pesen, we’e’e..ternyata yang jual cantik. Hehehe..
Semangat deh untuk makan sambil nunggu kecamatannya ada orang.
Sambil nunggu bakso urat (nadi), gorengan-gorengan pun kami sikaaat..(bukan digosok). Eh, tiba-tiba aku kebelet mau pipis. Ya udah, aku minta tolong untuk numpang ke kamar mandi. Waktu masuk airnya di bak melimpah ruah. Waaaah..dan yang hebat adalah mereka memodifikasi atap kamar mandi (dibolong) supaya kalo ujan airnya langsung masuk ke bak mandi. Dan aku melihat saat hujan turun, langsung ke bak mandi. Yang pasti dingin airnya.
Abis ritual (pipis) ternyata pesanan bakso urat (saraf) udah siap dan MAKAAAN! Hmm..ternyata lumayan juga sih rasanya (rasa bakso cuy, * ya iyalah). Waktu asyik ngomong tiba-tiba ada anak SD pulang dari sekolah pakai jas ujan masuk ke warung. Ternyata anak ini, adalah anaknya yang punya warung. Anak ini heboh banget dan bilang ke ibunya seperti ini.
“Bu’, mau kan mulih sekolah, lha inyonge lewat nang pipo-pipo sing gumantung neng dalan ika’lah. Nah, pas angin ne buanter pipo ne nyampluk sirah e inyong. Lara’ bangetlah. Kanca ne inyong pada ngguyu kabehlah gara-gara kuwi.”
Intinya anak tadi cerita ke ibunya kalo dia pas pulang sekolah melewati pipa-pipa yang bergantungan di atas jalan dan pas ada angin gede kapalanya kena pipa itu.
Waktu mendengar kata-kata anak itu aku nahan ketawa, dan baru sadar bahwa Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara merupakan wilayah ‘penutur bahasa Ngapak’. Whehehehe. Karena cengkok dan kosa katanya agak beda si Rayfan ampe tanya ke aku.
“Nes, itu mereka ngomong masih pakai bahasa jawa enggak sih?”
“Masih kok.”
“Kok beda ya?”
“Ya emang beda.”
“Kamu ngerti tapi?”
“Ngerti.” Jawab aku sambil menahan ketawa. Whehehe. Lucu deh.
Setelah selesai makan trus bayar, kami langsung ke kecamatan lagi. Ini pertaruhan terakhir kami, karena cuma kurang tanda tangan dari Camat. Kalo hari ini Camatnya gak ada, yaaaaah.. Harus balik lagi di lain kesempatan. Haduh.
Tapi Tuhan berbaik hati, karena waktu kembali ke sana Camatnya ada. Dan kami pun ngobrol-ngbrol sama Camatnya dan setengah jam kemudian berhasil dapat tanda tangan beliau.
Ya pesan beliau pada kami yang mau KKN adalah “kamu niatnya baik bawa roti dari kota ke desa, tapi kalo ternyata penduduk desa gak doyan apakah harus dipaksa?”
Intinya? Pikir sendiri yah..Whehehe.. *aku juga gak mudeng (bercanda).
Jam pun menunjukkan pukul 15.25, saatnya pulang ke peradaban bawah (kota yang hangat=Jogja). Dan kembali harus miring-miring naik motornya karena anginnya gak berhenti nerjang-nerjang. Haduuuh.. Sampai palang-palang iklan pada ikut bengkok gara-gara angin.
Waktu turun aku memikirkan sesuatu. Di daerah Dieng seperti itu ada satu benda yang gak mungkin ada dan gak mungkin dijual di sana.
Yaitu KIPAS ANGIN/AC! Mana ada kipas di sana. Haha..
Perjalanan berjam-jam pun untuk pulang pun harus dinikmati (lagi). Karena mau lewat Purworejo lagi sudah gelap, akhirnya kami memutuskan untuk lewat Temanggung (agak jauh gak apa-apa yang penting jalannya aman).
Aku sampai rumah di Jogja udah jam setengah 9 dan selang 10 menit teman-temanku pada datang ke rumahku dan pada nginep! Hedeh, gak mungkin bisa tidur kalo banyak teman gini di rumah.
Sekian dulu ceritanya, ini punggungku masih sakit karena udah lama gak pergi jauuuuuh, trus tangan juga masih pegal. Butuh tukang pijit. Ada yang bersedia? Wkekekeke..
-SEKIAN-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar